Mimpi Anak Jalanan

7/17/2011

Jakarta - Mimpi mungkin hanya bunga tidur yang akan datang ketika kita akan tidur, tapi mimpi ini tidak hanya didalam alam sadar, ada mimpi yang begitu indah ketika di dunia ini benar-benar nyata. Ini lah kami anak-anak jalanan, hanya berharap dengan hari-hari yang telah mereka lewati dalam keadaan yang tidak layak, makan tidak menentu, panas, duduk dijalanan, tidak memiliki orang tua, dan tidak mengenal siapa orang tuanya, ini jeritan anak-anak yang hidup dikolong. Tak banyak mereka harapkan untuk masa depan nya.

Tapi , apakah anak jalanan berhak mendapatkan yang merupakan hak nya? Tentu, hak anak untuk mendapatkan pendidikan dan masa depan bangsa ini harus ditanggapi oleh kita semua. Namun teman-teman berusaha mewujudkan mimpi dan impian anak-anak ini. 

Di Jakarta 2011 jika yang terpencil dikenal banyak perkumuhan, keramaian orang-orang pinggiran, tapi ditengah-tengah hal tersebut, berdiri sebuah rumah untuk anak-anak ini , jalan yang beralas tanah, papan, tembok batu-bata, tanaman yang indah, ruang-ruang yang sederhana, hidup segelintir anak-anak kecil, maupun yang dibesarkan sebuah rumah ini, telah lahir sebuah mimpi dan impian. 

Anak-anak yang begitu banyak menyimpan harapan, ketulusan dan kejujuran, tak membuat mereka berkecil hati, perhatian teman-teman yang begitu memperhatikan hak-hak  anak tersebut telah menciptakan sebuah rumah yang begitu berfungsi untuk masa depan anak-anak ini. Mereka mendapatkan pendidikan, seperti sekolah-sekolah lainya, guru pengajar, ruangan kelas , peralatan music yang lengkap, media yang mendukung, tempat tinggal, makanan sehari-hari, telah anak-anak ini dapatkan dengan Cuma-Cuma. 

Anak-anak tersebut sangat luar biasa, tak dapat ditemui jika tidak mengenal mereka, meskipun mereka terlahir tidak seperti anak-anak  lainnya yang begitu menikmati kekayaan, pendidikan formal, atau pun mempunyai uang banyak, baju baru, sepatu baru yang bermerk dan bermodel, meskipun begitu, tidak membuat mereka berkecil hati, bahkan mereka memiliki kami yang begitu menyayangi dan memperhatikan mereka, dengan hasil karya mereka dalam music telah mewujudkan mereka dalam setiap event besar di Indonesia maupun diluar Indonesia. 

Sebuah rumah yang sederhana ini pula telah tercipta siniman music yang berkualitas. Setiap nada, setiap kisah anak-anak manusia ini telah tertuang dari karya lagu-lagu mereka diciptakan. Mereka yang begitu lugu dan malang tapi terpancar kebahagian, senyum yang begitu tulus, Mereka bukan anak-anak jalanan yang berkeliaran, dan  terusir dari masyarakat, tapi mereka adalah anak-anak yang berjuang untuk mencapai mimpi dan impian mereka. Ini lah kami, jangan jauhkan kami karena status dan latar belakang, kenal lah mereka lebih dekat lagi, seperti Cinta mu seperti Bangsa ini.

Oleh : Djan Noveria
Kunjungan Djan Noveria & Meliana Maria Ke Sanggar Akar, Jakarta 2011

1 comments:

Daily Journal

Recent Posts Widget
close