Berpikir Imajinatif

2/12/2015

Berpikir Imajinatif tidak lebih atau tidak kurang daripada membangun sebuah gambaran tentang lingkungan, mengajukan model lebih cepat daripada lingkungan itu, serta meramalkan bahwa lingkungan itu akan bertingkah laku seperti yang dilakukan model itu. Jika berdasarkan yang kita ketahui saat ini bahwa jalan pertama untuk menyelesaikan suatu masalah yang terkandung dalam konstruksi suatu model atau gambaran, dan ciri yang relevan yaitu lingkungan.

Model seperti itu dapat dikontruksikan dari banyak hal, termasuk bagian-bagian jaringan organis tubuh dan oleh manusia, kertas dan pensil atau barang-
barang dari hasil kebudayaan. Sekali model telah dikontruksikan model itu dapat dimanipulasi dalam berbagai kondisi hipotesis dan pembatasan-pembatasan. Lantas “mengamati” hasil-hasil manupulasi dan memproyeksikannya didalam lingkungan sehingga ramalan menjadi mungkin.

Contoh jika ahli mesin sedang berpikir bila ia menggerk-gerakan jarinya di atas sebuah garis pada peta, jari itu berlaku sebagai model jalan. Model-model eksternal seperti ini sering digunakan untuk berpikir tentang lingkungan-lingkungan yang kompleks. Gambaran yang dipakai untuk berpikir diam-diam tergantung tersedianya peristiwa-peristiwa psiko-kimiawi organisme yang harus dipergunakan untuk membentuk model-model. Pandangan seperti ini tentu mengingkari kesadaran, dan ia mendefinikan. Setiap persepsi sadar adalah, seperti yang dikemukan Percy, sebuah tindakan pengenalan, sebuah kegiatan memasang-masangkan dimana sebuah objek( atau suatu kejadian, tindakan, emosi) diindentifikasikan dengan menempatkannya didalam latar belakang sebuah symbol yang cocok.


Tentunya cukuplah mengatakan bahwa orang sadar akan sesuatu, orang juga sadar akan sesuatu yang adalah sesuatu… Ada sebuah perbedaan antara pemahaman akan suatu gestalt ( seekor ayam memahami efek Jastrow sebaik manusia) dan menagkapnya dalam wahana simbolis.

Sumber : Dr. Budi Susanto, “Politik Kebudayaan,” Kanisius, 1992, hal 27-28.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close