Persaingan Global

9/18/2016

Persaingan global kini menjadi patokan untuk berkompetisi, terutama era digital saat ini menempatkan Indonesia untuk terus bersaing dengan negara lainnya. Hal ini dapat diketahui, seperti negara maju korea selatan yang memiliki teknologi yang begitu fantastis. Tidak bisa terelakan pula ketika daya saing antar negara kini menjadi barometer untuk perkembangan ekonomi negara.

Sementara, adanya data yang mengemukakan bahwa pada tahun 2014, telah menunjukan iklim industry di Indonesia berkembang sangat pesat. Hal ini diharapkan juga adanya agar angkatan kerja diharapkan dapat meningkat sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan adanya kebutuhan industry saat ini, tentunya akan mengarah pada proses kerja, dimana para pakar, Braverman (1974) mengatakan bahwa kerja membutuhkan skill, namun mengikuti konsepsi Karl Marx, dan kerja dalam masyarakat kapitalis tidak dapat dipisahkan dari keterasingan. 

Dengan demikian, perkembangan sistim kapitalisme, dan usaha untuk memperoleh keuntungan serta menumpukan modal mendorong pengusaha (pemilik modal) senantiasa mencari jalan untuk menigkatkan efisiensi, sedangkan produsen langsung turut ambil bagian dalam proses produksi. Maka, perkembangan industrilisasi saat ini, tak dapat dihindari lagi. Apalagi perkembangan teknologi saat ini begitu berkembang pesat disetiap tahunnya, seperti E-commerce yang kini berkembang di Indonesia.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close