Cara Atau Metode Membaca Buku Yang Efektif

3/09/2018

Sebagai pelajar dan mahasiswa, membaca itu bukan hanya hobi, tetapi juga keharusan. Bagaimana tidak, setiap mata pelajaran atau mata kuliah pasti memiliki buku penunjang yang jumlahnya nggak hanya 1. Belum lagi jumlah halamannya. Yang jelas, kamu sering kewalahan belajar saat akan ujian. 

Nah, supaya kamu nggak lagi kewalahan dalam membaca materi saat mau ujian, kamu perlu menerapkan cara membaca dengan cepat, tetapi juga efektif. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menangkap materi yang dibutuhkan tanpa perlu membuang waktu membacanya terus-terusan. Apa saja cara-caranya? 

1. Bacaan Itu Tidak Efektif. Tetapi, Coba Putar Musik 

Sadar nggak sih kalau seringkali kita menggumamkan apa yang sedang dibaca? Sebenarnya, gaya membaca seperti ini nggak salah sih, hanya saja kurang efektif jika digunakan untuk membaca buku pelajaran atau kuliah. Jika, waktu lama karena membaca secara kata per kata. Selain itu, kamu juga akan rawan mengulangi bacaan sebelumnya. 

Untuk itu, jadikan membacamu efektif dengan mengurangi kebiasaan ini. Sulit sih memang, tapi kamu bisa mulai mencobanya, kok. Caranya, pasang earphone di telingamu dan putarlah lagu instrumental. Dengan begitu, otakmu akan terdistraksi dari vokalisasi bacaan dan lebih fokus untuk membaca serta memahami saja. 

2. Supaya Fokus, Atur Jarak Membaca 

Fokus adalah kunci utama untuk membaca dengan efektif. Kalau kamu nggak memfokuskan diri, kamu pasti akan susah memahami apa yang sedang kamu baca. Benar, nggak? Nah, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat fokusmu saat membaca. Mulai dari tempat, suara, kondisi fisik, hingga jarak pandang membaca. 

Membaca dalam jarak terlalu dekat justru akan membuatmu pusing dan sulit memahami karena hanya melihat bacaan secara kata per kata. Maka dari itu, bacalah buku dalam jarak ideal, yaitu sekitar 30 cm. Dalam jarak ini, pandanganmu akan lebih luas sehingga bisa mencakup 1 kalimat secara langsung. Otakmu pun akan lebih rileks dalam menerima informasi karena nggak merasa pusing. Jadi, lebih fokus, ‘kan? 

3. Biasakan Membaca Dengan Kalimat Utuh 

Untuk bisa efektif dan juga cepat, kamu tidak bisa membaca secara kata per kata. Dalam sebuah bacaan, kata-kata tidak bisa berdiri sendiri. Kata-kata saling tergabung dalam sebuah kalimat yang harus dibaca secara satu kesatuan untuk bisa dipahami dengan baik. Kalau kamu hanya fokus memaknai kata per kata, kamu hanya akan sibuk bolak-balik mengulang bacaan yang sebelumnya. Nggak hanya menghabiskan waktu saja, tapi kamu juga kehilangan fokus. 

Bacalah buku atau bacaan lain secara per kalimat. Dengan, fokus pandangan selalu pada kata ketiga dan keempat, dengan begitu cakupan kata yang bisa kamu baca akan lebih banyak. Setelah itu, cari kata kunci setiap kalimat yang telah kamu baca. Kata itu akan membantumu memahami makna dari kalimat selanjutnya. 

Kebanyakan alasanmu membaca ulang adalah karena adanya kata-kata yang terlupa, sehingga kamu kurang memahami bacaan di halaman selanjutnya. 
4. Ide Utama Penting untuk Diketahui

Salah satu cara untuk bisa cepat paham dengan apa yang kamu baca adalah dengan mengetahui ide utama yang ingin disampaikan. Jangan langsung mencari ide utama 1 buku. Mulailah secara per paragraf. 

Biasanya, ide atau kalimat utama itu berada hanya di awal atau di akhir paragraf saja. Saat sudah mengetahui ide utamanya, berilah tanda dengan menggunakan highlighter. Ide utama ini adalah ‘jembatan’ yang menghubungkan setiap paragraf yang kamu baca. Dengan mengetahui dan menandai dengan baik, kamu akan lebih mudah memahami dan menangkap maksud yang disampaikan oleh buku tersebut. 



0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close