Konflik Menurut Para Ahli : Pandangan Kelompok Dan Individu

5/16/2018

Pandangan konflik di dalam masyarakat cenderung terjadi ketika konflik adanya kepentingan yang berbeda di Antara individu atau kelompok yang berbeda. Sedangkan para penganut teori structural dan fungsional melihat bahwa masyarakat pada dasarnya selalu dalam kondisi keseimbangan, dimana perubahan dianggap sebagai gangguan sementara yang kemudian direspons oleh unit-unit lain dalam system untuk kembalin seimbang sehingga secara keseluruhan suatu system dapat bertahan.

Dalam hal ini, ada tokoh yang membahas mengenai hal ini nyaitu Karl Marx dimana ia melihat bahwa pandangan perubahan masyarakat sebagai akibat dari adanya konflik kepentingan antar kelas social. Disini konflik terjadi Antara kelas social, atau lapisan dengan kelas social di bawah. Dimana pertentangan Antara keduanya memyebabkan terjadinya perubahan social.

Sementara, Coser melihat bahwa konflik akan berfungsi positif karena adanya konflik dan diharapkan muncul tatanan baru sebagai mekanisme yang mampu mengakomodasi berbagai kepentingan yang ada. Dan adanya tatanan baru tersebut merupakan bentuk perubahan social. Menurut Dahrendorf, dimana setiap elemen masyarakat menyumbang bagi terjadinya konflik yang akan menghasilkan perubahan. 

Melalui konflik para actor (dari kelompok subordinat) mengharapkan terjadinya perubahan struktur kea arah yang menurut mereka lebih baik. Menurut Parsons, perubahan structural adalah suatu perubahan pada nilai-nilai yang mengontrol hubungan antara system unit-unit, dimana perubahan structural mengikuti pola evolusi. Dengan demikian, setiap fase berikutnya dalam suatu proses dapat dibedakan melalui pertumbuhan yang semakin kompleks.

Dimana dalam hal ini terjadi peningkatan dalam jumlah dan ragam spesialisasi unit-unit dari suatu system, dan dalam hal pertumbuhan kebudayaan tidak selali sama cepatnya dalam setiap unsur kebudayaan tetapi ada ynag tumbuh dengan berubah dan cepat sedangkan bagian yang lain tumbuh secara lambat, proses dalam penanganan konflik dalam hal ini membutuhkan proses yang mesti tepat untuk diperhatikan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close