Pembangunan Partisipasi Politik Indonesia

7/06/2018

Partisipasi politik seringkali berdampak pada elit politik dan hal ini mengerahkan dukungan massa maupun untuk menstabilkan politik itu sendiri. Pemilihan umum misalnya, yang dilaksanakan seluruh Indonesia yang telah berlangsung, dimana hal ini berlangsung ketika mobilisasi massa yang meningkat menjelang dan selama masa berlangsung.


Pada masa itu, dimana perubahan politik terus berputar berdasarkan gejolak politik guna stabilisasi pembangunan. Kesempatan masyarakat untuk meluapkan partisipasi adalah ketika pemilihan umum. 

Sehingga energy masyarakat dikeluarkan untuk mendukung koalisi masing-masing. Kecendrungan ini pada dasarnya tidaklah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap system pemilu.

Oleh karena itu, pemilihan kebijakan secara umum masyarakat kembali ke dalam situasi yang di dominasi. Pembangunan yang selalu menjadi bagian dari persoalan terhadap ekonomi. Sementara, kreativitas menjadi salah satu solusi sebagai pertimbangan. Maka, dalam pembangunan politik dikenal dengan istilah ledakan partisipasi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close