Sistem Pemikiran Dengan Istilah Instrumentalisme

7/30/2018

Untuk memahami penyusunan suatu teori yang logis dan tepat dari konsep-konsep pertimbangan, pengumpulan, dalam bentuknya yang bermacam-macam. Ada suatu pemikiran menurut Dewey bahwa pemikiran manusia bertolak dari pengalaman yang berlangsung. Yang kemudian bertransformasi dan terawasi atau terpimpin dari suatu keadaan yang tidak pasti menjadi keadaan yang pasti.

Sedangkan makna yang terkandung dari pemikiran manusia itu senantiasa berada dalam interaksi yang bersifat dialetik, baik dengan pengalaman maupun dengan tindakan manusia. Instrumentalisme menekankan pada kemajuan, pandangan ke depan dan usaha-usaha manusia, serta menekankan pada hasil-hasil atau akibat-akibat.

Pandangan Dewey dalam hal ini juga, menyatakan bahwa manusia adalah makhluk social yang bearti semua tindakannya. Sumbangan pemikirannya merupakan bagian berkembang dalam rangka untuk menyesuaikan dengan lingkungan. 
Begitu juga dengan persoalan yang kita alami,tidak jeuh berbeda dari pergalaman setiap individu. Selain pengalaman, maka tujuan sekolah untuk membangkitkan sikap hidup demokratis dan mengembangkannya. Dari hal tersebut, maka nilai-nilai yang tersimpan dalam suatu kebudayaan berkembang secara kontinu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close