Aspek-Aspek Mobilitas Sosial Perkotaan

8/26/2018

Mobilitas social mempunyai arti yang bermacam-macam, dan hal ini berkaitan dengan mobilitas geografis, yang berhubungan tempat tinggal (menetap/sementara) dari suatu tempat ke tempat lain. Kemudian, mobilitas social bergerak pindah dari berbagai kelas social lainnya.

Memahami mobilitas social ini terdiri dari dua tipe, yaiyu mobilitas social horizontal dan vertical. Dimana, mobilitas social horizontal diartikan sebagai gerak perpindahan dari suatu status lain tanpa perubahan kedudukan.

Sehingga, dalam mobilitas social horizontal ini tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang. Sedangkan mobilitas social vertical, yaitu suatu gerak perpindahan dari suatu jenjang.Pengertian mengenai mobilitas individu tentunya memcakup berbagai mobilitas kelompok dan individu.


Sementara, yang perlu diperhatikan dari mobilitas suatu perubahan, yang mengarah pada mobilitas psikis, yaitu merupakan aspek-aspek social-psikologis sebagai akibat dari perubahan social. Maka, perubahan mobilitas social perkotaan membutuhkan perhatian dari berbagai aspek yang dibutuhkan masa sekarang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close