Pengertian Persepsi Terhadap Gejala Politik

9/25/2018

Dengan bertemunya objek suatu gejala politik maka tidak jauh berbeda akan menimbulkan peta kognitif, dimana akan terdiri dari berbagai persepsi, konseptualisasi dan afeksi. Maka, dengan persepsi merupakan kesadaran setiap orang untuk memahami gejala politik atau objek politik.


Sedangkan ketika yang mempunyai pengertian secara utuh mengenai fenomena politik maka akan memasuki yang namanya tahap konseptualisasi. Terakhir adalah afeksi yang memutuskan sesuatu atau keberpihakkan kepada suatu gejala atau objek politik.

Maka, tahapan yang disebut sebagai tahapan yang mempengaruhi arah politik. Dengan adanya keseluruhan, maka tahap yang disebut dengan nilai-nilai politik atau pola-pola  terhadap perbedaan politik. Sehingga, adanya yang disebut nilai-nilai politik yang kemudian disampaikan kepada individu, kelompok, dan berbagai kelompok terorganisir.
Proses suatu politik akan berdampak pada khalayak diberbagai wilayah Indonesia, dan diluar Indonesia. Dengan begitu persoalan yang mendasar akan dapat diketahui berbagai pengenalan nilai dan pola terhadap politik. Maka, dengan demikian persoalan yang mendasar terkait dengan berbagai persoalan konflik dapat diimbangi dengan berbagai peran yang ada di masyarakat.

Setiap proses yang dilakukan menurut Ranney (1996) yang menyebutkan tahapan sosialisasi politik, dimana sebuah tahapan sebagai pengenalan budaya politik amat tergatung pada bagaimana sosialisasi politik berlangsung, seperti halnya  ini dalam mempertahankan budaya politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close