Teori Fungsional Mengenai Kesinambungan Masyarakat

9/29/2018

Pada salah satu stratifikasi dengan menggunakan kerangka pikir fungsional adalah Talcott Parsons, dimana hal yang mengemukakan mengenai evolusioner fungsionalis dan menganggap bahwa evolusi social secara umum terjadi karena kecenderungan masyarakat untuk berkembang dengan yang disebut dengan “kapasitas adaptif”.

Maksud dari kapasitas adaptif adalah kemampuan masyarakat untuk merespons lingkungan dan mengatasi berbagai masalah yang selalu dihadapi manusia sebagai makhluk social. Masyarakat yang telah berevolusi selama berabad-abad adalah melalui kapasitas adaptif yang makin tinggi.
Maka, Parsons beranggapan bahwa timbulnya stratifikasi sebagai aspek penting dari evolusi akibat meningkatnya kapasitas dalam kehidupan social. Peran penting bagi masyarakat dalam mengatasi keterbatasan-keterbatasan mereka.

Persoalan peran dengan adanya tantangan dan masalah dalam kehidupan social lainnya. Dengan begitu akan mengajarkan hal istimewa dan prestise maka diperlukan berbagai hal yang memusatkan aktivitasnya dengan tujuan memecahkan masalah dan menghadapi tantangan.

Ahli lain, beranggapan bahwa berbagai persoalan yang memiliki logika yang sama dengan teori Parsons lebih memusatkan perhatiannya pada masyarakat modern. Maka, dalam hal ini Davis dan Moore mengemukakan bahwa stratifikasi dibutuhkan demi kelangsungan hidup masyarakat, guna menjaga kebutuhan fungsional dasar dengan terciptanya tatanan kehidupan social masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close