Bagaimana Perbandingan Kehidupan Masyarakat Kota Dan Desa

10/23/2018

Perbedaan masyarakat perkotaan dan Desa merupakan bagian dari perkembangan suatu wilayah untuk diperhatikan dengan berbagai aspek. Karena dalam hal ini, masing-masing memiliki kekhasan dalam menjalin hubungan sosial. Yang kemudian, terbagi dengan masyarakat yang sesuai kategori tertentu. Tanpa membedakan jauh dengan perkotaan.

Jika dipahami hal tersebut, maka dikenal sebagai Gemeinschaf, dipahami sebagai ikatan yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek. Kemudian, bersifat mekanis sebagaimana dapat diumpamakan dengan sebuah mesin. Sementara, bentuk Gesellchaft terutama terdapat oada hubungan berdasarkan organisasi, pedagang, pabrik atau industri.
Hal tersebut, dapat ditemui dipedesaan dengan berbagai kehidupan bersama dimana anggota diikat oleh hubungan yang bersifat alamiah. Berdasakan hal tersebut akan terbentuk secara organis, seperti dalam suatu bagian tubuh manusia. Maka, prilaku kehidupan perkotaan yang bersifat mekanis atau Gesellschaft yang merupakan ajaran Tonnies dengan dasar pembangian kerja dengan perbandingan keduannya.


Pada masyarakat pedesaan, perbedaan kepandaiannya pada umumnya kurang muncuk ke permukaan, karena ada kedudukan anggota secara individual. Dalam hal ini, seperti struktur sosial yang berlangsung. Maka, sudut pandang suatu perbedaan akan begitu terasakan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close