Multikulturalisme Sebagai Penemu Pertumbuhan Masyarakat Budaya ?

10/19/2018

Pada bidang politik keberagaman dapat ditemukan berbagai kelompok dengan berbagai perbedaan. Hal ini juga akan terlihat ketika berbagai aspek budaya, etnis, agama, jenis kelamin yang harus hidup berdampingan dengan berbagai kesatuan politik.

Sepanjang pertumbuhan masyarakat saat ini, dengan berbagai keterbatasan serta perbedaan secara budaya, politik, ekonomi tidaklah mudah. Berbagai konflik yang terjadi di dalam masyarakat kita dengan melibatkan berbagai perbedaan identitas kelompok.

Konflik sosial yang sering terjadi ketika itu, merupakan salah satu bagian dari masalah yang kompleks antara berbagai kelompok. Persoalan tersebut, kemudian muncul berbagai persoalan yang tak dapat dihindari. Persoalan konflik sosial yang terjadi di masyarakat ditahun sebelumnya hingga krisis terjadi, sebagai pemicu berbagai perbedaan budaya.
Mungkin, penalaran masyarakat akan mencakup berbagai persoalan bagaimana menanggapi apa perbedaan yang penting antara umat manusia bukan ideology, politik atau ekonomi. Persoalan tersebut, muncul ketika bentuk-bentuk konflik yang terjadi.


Dengan didukungnya teknologi semakin maju, maka masyarakat mesti sadar bahwa konflik budaya tidaklah akan membawa hasil yang baik. Melainkan, akan muncul sebuah konflik baru diantara masyarakat. Kita harus menyadari ketika teknologi semakin maju, maka batas setiap Negara justru membuka ruang untuk pertemuan kebudayaan. 

Tetapi, munculnya suatu budaya akan ada lagi persoalan yang tidak dapat diterima kelompok lain, sehingga akan kompleks kembali. Pada suatu persimpangan jalan, maka akan muncul kembali konsep multikulturalisme yang menjadi acuan penting dalam membahas dalam kebiasaan kita sehari-hari.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close