Bagaimana Memahami Corak Pertanian Beragam ?

11/23/2018

Suatu sifat yang dipahami sebagai pertanian masyarakat Desa, tentunya dapat diperhatikan ketika corak pertanian yang beragam mereka fungsikan. Berbagai kebutuhan terhadap masyarakat Desa, dapat diketahui ketika potensi masyarakat Desa dapat diketahui berdasarkan ragam pertanian, baik itu secara tradisional dan modern.

Pada dasarnya suatu pertanian umumnya masih disikapi sebagai way of life yang memberikan corak kehidupan mereka pada komunitas Desa. Kenyataan mereka bahwa agroindustry maupun agribisnis belum mampu mengantikan sistem pertanian tradisional, hal ini merupakan salah satu bagian yang kuat dari kehidupan sosial masyarakat Desa.
Bagaimana dengan corak dan sifat komunitas Desa ? pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dengan sistem mata pencaharian mereka yang pokok. Dalam kenyataan, jenis mata pencaharian pokok mereka sangatlah beragam.

Maka, dalam bidang pertanian misalnya, ternyata cukup mengandung keragaman yang tinggi N.I Vavilov, dimana awal daru bercocok tanam tidak hanya berasal dari satu daerah saja, tetapi dimana-mana, dalam waktu yang begitu berbeda-beda.


Dengan menciptakan pertanian sebagai mata pencaharian, maka berbagai hal terkait pedesaan dapat dipahami dari sumber pertanian yang dihasilkan masyarakat Desa. Hal ini, juga merupakan bagian dari eksistensi pertanian masyarakat Desa berdasarkan ruang yang mereka miliki.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close