Perkembangan Teknologi Serta Sistem Produksi Barang

11/12/2018

Pada perkembangan suatu sistim masyarakat industri terbagi ke dalam masyarakat pra-industri dan masyarakat industri. Masyarakat pra-industri menggunakan teknologi tradisional sebagai alat bantu kerja manusia.

Maka, suatu karakteristik pokok pada suatu masyarakat pra-industri adalah bahwa suatu produksi barang yang masih didominasi ileh berbagai keterampilan tangan, teknologi tradisional yang hanya sebagai alat bantu manusia dalam bekerja.

Karakteristik teknologi tradisional antara lain dapat diketahui sebagai teknologi yang memiliki kapasitas seperti hasil inovasi dan kreativitas masyarakat local, berbasis pada pengetahuan local, dapat dijangkau oleh masyarakat, serta memiliki manfaat pada kehidupan masyarakat local.
Sebaliknya, dengan berbagai teknologi serta sistim yang bersifat mekanis dapat dipahami berbagai karakterisik yang merupakan hasil dan pengembangan, begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang memiliki efisiensi produksi.


Dengan demikian, pranata yang ada pada masyarakat dapat berkembang dengan berbagai peralihan dari masyarakat berdasarkan hasil yang didapatkan, dengan begitu hasil ekonomi masyarakat dapat dipahami berdasarkan proses yang berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close