Pengertian Partisipasi Politik Dalam Sistem Politik

12/16/2018

Dengan memahami perkembangan politik serta partisipasi yang terjadi di Indonesia pada setiap periode pemerintahan hingga sekarang. Dimana telah mengetahui dan memahami bagaimana pengertian dan pemuli serta model yang diterapkan di dalam sistem politik.

Adanya perkembangan politik serta dinamika politik yang terjadi pada setiap periode pemerintahan hingga sekarang. Tentunya membawa perkembangan dalam politik pada masyarakat Indonesia. Pemahaman politik yang baik dengan edukasi yang saat ini diterapkan tentunya akan semakin mendewasakan demokrasi di Indonesia.

Partisipasi politik merupakan salah satu konsep yang paling popular dalam ilmu politik, dimana pemahaman mengenai pengertian ini akan berbeda-beda berdasarkan situasi kondisi yang ada di masyarakat. Pengertian partisipasi politik adalah keterlibatan masyarakat di dalam kegiatan politik. Hal ini, tentunya memiliki tujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Berbagai hal yang diterapkan berdasarkan konsep yang memang menjadi kebijaksanaan pemerintahan dengan pengertian yang berbeda, tentunya akan mempengaruhi proses perumusan kebijaksanaan suatu Negara. 


Mengapa, ketika itu partisipasi politik diterapkan sebagai bagian dari politik, hal ini dikarenakan kegiatan yang sukarela dari warga masyarakat dalam suatu proses pemilihan penguasa, dab secara langsung sebagai proses pembentukan kebijakan umum. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close