Hutan-Hutan Di Tanah Borneo

3/14/2019

Dengan berbagai Hutan yang lebat, pada Borneo kagum akan hutan mereka dengan berbagai iklim yang sangat menarik dan takjub untuk disampaikan. Dengan berbagai keindahan hutan yang lebat, membuat berbagai masyarakat lokal masih menjaga kearifan lokan mereka berdasarkan pegunungan, serta dataran yang luas.


Masyarakat adat yang dikenal dengan berbagai hindangan kuliner yang menarik untuk di santap, merupakan bagian dari ciri khas mereka terhadap hasil hutan yang mereka miliki. Misalnya, budaya yang masih dipertahankan dalam mendapatkan hasil hutan sungguh menarik untuk dikenal. Dimana yang selalu diguyur hujan yang melimpah.

Tanahnya, yang terdiri berbagai formasi kwarsa yang membuat tanah di dalamnya tumbuh dengan endapan yang amat subur. Dengan berbagai aliran sungai yang tampak untuk dikenal. Dimana, orang-orang Jawa mempelajari berbagai keaslian masyarakat adat dengan berbagai kebiasaan yang mereka miliki.

Dataran yang dialiri oleh berbagai sungai yang indah dan berkelok-kelok, yang airnya luar biasa banyaknya dan sungai-sungai yang dapat dilayari hingga ke pedalaman, dan bermuara kembali sungai-sungai disegala penjuru dari pulau ini.


Ketika, kita mengenal sungai di Banjarmasin, akan tampak pada sungai Barito bersama-sama sungai Dayak Besar dan Dayak Kecil, dimana keberadaan sungai tersebut merupakan salah satu penghubungan wilayah Borneo Barat. Apa yang menjadi menarik bagi masyarakat lokal tersebut, merupakan salah satu bagian dari sistem dataran yang tampak pada aliran sungai tersebut.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close