Perbedaan Antara Masyarakat Multikultural Dan Plural

4/23/2019

Perbedaan budaya dapat ditempatkan dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat secara umum. Pada masyarakat multicultural terdapat pembagian yang jelas antara bagian-bagian yang diatur secara universal. Maka, dalam hal ini dengan berbagai bagian yang telah diatur secara universal oleh Negara dengan berbagai unsut perbedaan budaya yang tetap hidup dan berkembang.

Wilayah personal dalam hal ini dengan berbagai sistem budaya yang masih beragam, merupakan salah satu karakteristik yang berada dalam masyarakat. Dengan pengertian mengenai hal ini, akan dapat difungsikan dengan berbagai sistem sosial masyarakat yang memungkinkan memandang isu perbedaan dan keragamaan budaya sebagai suatu masalah.

Budaya dalam kehidupan bernegara dengan keragamaan budaya yang tumbuh dan berkembang diruang personal masing-masing individu. Terhadap hal ini, maka cendrung Negara untuk melakukan asimilasi ke dalam budaya dominan.

Perbedaan pandangan dengan hal ini, maka berbagai sistem masalah dalam integrasi bangsa, dengan demikian dalam masyarakat plural, kesederajatan antara berbagai kelompok budaya yang ada sangat minim.


Kita sebagian dari masyarakat Indonesia tentu saudah tidak asing lagi dengan keberagamaan, pluralism dan perbedaan budaya. Yang dalam hal ini memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” (berbeda-beda tetapi tetap satu jua).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close