Pengertian Masyarakat Lokal Berdasarkan Hubungan Sosial

6/12/2019

Apa yang menjadi keterkaitan mengenai masyarakat lokal merupakan salah satu bagian dari hubungan sosial masyarakat berdasarkan sistem sosial yang tumbuh pada masyarakat, secara umum. Hal ini menjadi keterkaitan yang erat dengan berbagai kebutuhan masyarakat ketika memahami bagaimana hubungan sosial masyarakat ketika itu.

Ketika berbagai hubungan sosial yang berlangsung di masyarakat dapat menjadi bagian dari pemahaman mengenai suatu organisasi manusia yang saling berhubungan satu sama lain, sedangkan kebudayaan adalah sistem norma dan nilai yang terorganisasi dan menjadi pegangan masyarakat tersebut.

Lebih luas cakupannya dibandingkan dengan pendapat itu, adalah pendapat mengenai Ralph Linton, yang secara umum menjelaskan kebudayaan sebagai Way Of Life yang dalam hal ini mengenai berbagai hubungan terkait dengan hidup secara biologis, melainkan lebih luas dari pada itu.

Berbagai hubungan tersebut, merupakan salah satu sistem sosial masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan berbagai struktur sosial dalam memahami bagaimana proses keberlangsungan dalam suatu masyarakat. Maka, dari itu berbagai struktur sosial masyarakat akan saling terhubung dengan berbagai keterkaitan yang dapat menjadi bagaimana hidup dengan sesama.

Maka, dengan berbagai hubungan kompelsitas yang terjalin dengan berbagai kebutuhan masyarakat dapat diketahui berdasarkan kebutuhan sosial yang berlangsung. Dengan demikian, untuk memahami masyarakat lokal merupakan salah satu bagian dari kebutuhan mereka, untuk itu apa yang menjadi keterkaitan tersebut dapat didalami mengenai berbagai sistem sosial yang menjadi (way of feeling) cara berpikir, dan bercipta, (way of feeling) dan cara berasa dan mengekspresikan rasa, serta way of doing (cara berbuat, berkarya).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close