Mekanisme Penyelesaian Konflik Sosial : Biasanya Pada Konflik Sosial Etniksitas

9/27/2019

Berbagai persoalan mengenai konflik massa, dengan perubahan-perubahan, yang jika terjadi secara cepat atau mendadak, akan membuat kegoncangan prosesproses sosial di masyarakat, bahkan akan terjadi upaya penolakan terhadap semua bentuk perubahan karena dianggap mengacaukan tatanan kehidupan masyarakat yang telah ada. 

Penyelesaian konflik seharusnya disesuaikan dengan konteks dan latar atau setting dimana konflik itu terjadi, dalam hal ini pendekatan yang universal sebenarnya tidak relevan diterapkan dalam menangani masalah konflik. Ada bentuk lain dari pendekatan penyelesaian konflik yang sering dilupakan yaitu: kearifan lokal (local wisdom). 

Dalam masyarakat majemuk seperti Bangsa Indonesia terdapat banyak sekali kearifan-kearifan lokal yang sangat potensial dalam penyelesaian konflik untuk menciptakan damai (peace). Sementara, berdasarkan persoalan etniksitas, yang berada pada masyarakat yang belum Mengacu kepada strategi penanganan konflik yang dikembangkan oleh pemerintah.


Maka, dengan menggunakan kerangka regulasi yang ada juga mencakup tiga strategi, yaitu pertama, kerangka regulasi dalam rangka upaya pencegahan konflik seperti regulasi mengenai kebijakan dan strategi pembangunan yang sensitif terhadap konflik dan upayaupaya untuk tidak terjadinya konflik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close