Kebijakan Kultural Tergantung Pada Proses Kelas Utama

1/22/2020


Persoalan fundamental class process yang terjadi dalam suatu formasi sosial dipedesaan Negara-Negara Dunia Ketiga. Program revolusi hijau di Pedesaan Negara ketiga merupakan dasar dari hasil petani pedesaan dengan melanggengkan upaya petani pada kawasan pedesaan.

Proses kelas tergantung pada kelas tersebut, yang saling berhubungan dengan stabilitas politik berlangsung, pengetahuan revolusi, serta teknolog pertanian, perdagangan Indternasional dan kebijakan pembangunan pertanian.

Jika relasi struktural dalam program revolusi hijau tidak saja terbatas pada persoalan Negara melainkan berdimensi global.Penjelasan menegnai dunia ketiga tampak sangat kompleks dan saling terkait, karena pembangunan menciptakan masalah structural dan sebaliknya proses ekonomi, politik dan kultural di dunia ketiga dalam proses ekonomi yang mampu membentuk konsep pembangunan.

Berbagai persoaln terkait dengan sistem pembangunan berdasarkan dengan sistem secara kompleks melalui proses kelas yang berlangsung dengan berbagai kebijakan serta ideology terkait dengan pembangunan. Implikasi yang dikemukakan oleh Althuserian ini adalah terutama pada teori perubahan sosial, yang dalam hal ini memiliki bentuk mengenai perubahan sosial.

Berbagai pandangan megenai perubahan sosial merupakan bagian dari praktik d Uni Sovyet dan beberapa Negara yang menafsitkan teori kelas berdasarkan pengetahuan yang mereka ketahui. Berbagai paham pun muncul ketika berbagai persoalan terkait dengan perubahan sosial atau proses masyarakat tanpa kelas yang diartikan sebagai masyarakat tanpa eksploitasi yakni tanpa pencurian terselubung.

Sementara, yang perlu diketahui mengenai implikasi kedua adalah dari siapa yang harus memperjuangkan keadilan sosial. Dalam paham sebuah kelas yang bersandar pada wealth merupakan perubahan sosial dan perjuangan kelas yang difokuskan pada gerakan buruh.

Penganut paham neo Marxis mengenai perubahan sosial tidak bisa lagi difokuskan pada gerakan buruh, melainkan pada keseluruhan eksponen gerakan sosial. Maka, muncul asumsi mengenai hal ini bahwa stuktur sosial ikut berbicara dalam sistem kapitalisme.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close