Potensi Konflik Agraria

1/30/2020

Mengenai potensi konflik agrarian, terhadap berbagai sumber daya pada masyarakat pedesaan kerap kali sebagai konflik yang bersifat laten berdasarkan upaya penyelesaian masyarakat adat di berbagai wilayah yang telah disampaikan dengan berbagai pandangan terhadap hak mereka.

Sumber Daya pada masyarakat adat merupakan salah satu bagian dari sistem budaya mereka terhadap berbagai upaya mereka dalam penyelematan hutan yang mereka miliki. Tentunya, berdasarkan hasil yang mereka ketahui pada proses pengakuan hak atas tanah. 

Jika, dilihat kembali berbagai hal terkait dengan dinamika masyarakat adat, yang seringkali masih dalam proses pengesahaan dan penyelesaian, setidaknya mereka untuk bisa memahami terlebih dahulu berbagai proses yang berlangsung berdasarkan upaya yang dilakukan oleh pemangku kebijakan. 

Ini merupakan bagian dari sistem yang berlangsung sesuai dengan harapan bersama. Sistem sosial budaya pada masyarakat adat memang merupakan cara yang berbeda dalam konteks pengertian mereka terhadap berbagai pemahaman yang perlu diketahui berdasarkan sistem budaya mereka. 


Pengetahuan yang dimiliki merupakan bagian dari proses masyarakat adat dalam memahami berbagai hasil upaya mereka dalam menghasilkan hutan sebagai dasari dari kehidupan mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close