Kolonial : Masyarakat Di Masa Lalu

2/28/2020

Dahulu, belum ada sistem pemerintahan yang baik untuk masyarakat. Karena, masih sistem kerajaan ketika itu, pada saat itu seluruh rakyatnya mesti taat segala aturan yang menjeratnya. Dimulai dari hasil panen yang didapatkan, hingga berbagai hal terkait dengan aturan pajak.

Pada ketika itu, sistem pemerintahan yang berlangsung dengan pemerintahan kolonial, saat dimana sistem pemerintahan yang berjalan mesti diketahui dengan hubungan dasar dari masyarakat yang berkenan dengan sistem rakyat jelata. 

Kerajaan ketika itu, akan sulit menentukan geraknya, karena lebih didominasi dengan pemerintahan Belanda, karena mereka yang mampu membayar segala kebutuhan kerajaan ketika itu. Hubungan itu berlamgsung, dengan hubungan dagang.

Sistem pemerintahan kala itu, memang merupakan jajahan bagi rakyat, terutama di Pulau Jawa. Banyak sekali, persoalan dagang yang terjadi tidak baik pada ralyat jelata. Karena, dengan begitu untuk diketahui. Apa saja yang dipunyai pulau Jawa juga memiliki berbagai kelimpahan akan bahan dasar mereka terhadap pangan yang mereka punyai.

Karena, masyarakat disana dapat mengelola hasil taninya, sesuai dengan permintaan pasar. Perlu dipahami bahwa, hubungan pasar yang amat diketahui dengan sistem disana dapat berangsur dengan dinamika sosial mereka yang tumbuh berabad-abad.

Sehingga, dalam hal ini perubahan di Tanah Jawa akan sangat berbeda dengan masa sebelumnya. Begitu juga dengan karakteristik manusiannya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close