Teori Sosiologi Industrial Dampak Dari Perubahan

2/22/2020

Sosiologi adalah ilmu yang lahir ditengah berkecamuknya perubahan sosial yang dahsyat di masyarakat. Dimulai dari persoalan manusia, moral, agama, etniksitas, serta aspek lainnya yang sangat mempengarui berbagai dinamika kehidupan bernegara dalam suatu tatanan sosial, hingga Negara.

Tetapi, yang menarik untuk pemula mengenai teori dari karya klasik-klasik yang dihasilkan oleh sejumlah sosiolog terkemuka, seperti Saint Simon, Comte, Spencer, Durkheim serta respons ilmiah atas kehadiran raksasa ekonomi baru di masyarakat.

Sebuah, sistem produksi baru yang bernama industri, merupakan salah satu bagian dari munculnya industrial, bisnis, serta berbagai hal terkait dengan sistem produksi pertanian. Dalam sebuah kelahiran sistem baru para sosiolog melihat sistem sosial baru yang juga terjadi di dalam masyarakat sebagai bagian dari perubahan.

Proses sosial itu, merupakan bagian dari berbagai dampak dari urbanisasi, pembagian kerja, sekularisasi, birokratisasi, demokratisasi, dan sentralisasi peran Negara (Watson,1997). Seluruh perubahan yang memiliki dampak terhadap dinamika sosial masyarakat yang memiliki peran terhadap dasar yang merupakan upaya untuk mengkonseptualisasikan hakikat perubahan yang mendasar dari sistem pertanian ke masyarakat industri.

Para pengamat, serta ahli sosiologi, menerjemahkan massa yang begitu berdampak pada perubahan sosial di masyarakat. Karena, berbagai kebutuhan dasar hampir terabaikan serta hubungan sosial di masyarakat juga berdampak pada sistem dasar dari upaya manusia untuk lebih dan lebih. 

Berbagai hal terkait ini merupakan bagian dari sistem masyarakat yang memiliki peran terhadap dinamika sosial masyarakat, yang menimbulkan dampak pada sistem sosial masyarakat berdasarkan dinamika sosial masyarakat mereka terhadap perubahan.

Dampak hal ini, tentunya akan memiliki dasar terhadap peran dinamika sosial yang membentuk ruang terhadap sistem sosial mereka berdasarkan wilayah yang mereka tempati. Teori pendukung, seperti hubungan industrial, menggambarkan aktivitas masyarakat yang dibentuk untuk melakukan produksi sebanyak-banyaknya. 

Ini, merupakan salah satu hasil produksi yang berperan dalam suatu perubahan, ketika sosiolog mengupayakan dasar dari perubahan masyarakat yang bergerak dari masyarakat teologis menuju masyarakat positivis. Bagi Spencer, perubahan itu bergerak dari masyarakat militer menuju masyarakat industri.

Peran dari suatu perubahan, memiliki mekanisme masyarakat dengan berbagai hubungan mereka terhadap dinamika sosial mereka terhadap suatu perubahan dengan dampak sosial masyarakat serta perubahan dasar dari mekanisme yang berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close