Sintang : Berladang Untuk Kehidupan

3/01/2020

Persoalan masyarakat peladang, terutama 6 terdakwa yang terjadi di Sintang. Dalam hal ini, menjadi contoh terhadap kebijakan suatu Negara, serta kebebasan mereka untuk mencari kehidupan. Tetapi, dalam hal ini, bisa di ketahui bahwa tradisi sosial budaya untuk bisa diketahui berdasarkan persoalan masyarakat peladang disana.

Apa yang menjadi kaitan disana, maka keterhubungan budaya terhadap mereka dari memenuhi kebutuhan dasar mereka merupakan salah satu bagian dari sistem sosial budaya yang telah tumbuh dan berkembang hinggan masa sebelumnya, hingga saat ini.

Hanya sebagai catatan untuk diketahui bahwa, dasar dari masyarakat peladang disana kiranya dapat dipahami sebagai dasar dari pengetahuan serta kearifan lokal yang memberikan dampak bagi kehidupan mereka. Sebuah tradisi yang memang mesti diketahui, maka apakah ini menjadi contoh terhadap persoalan masyarakat peladang, di Sintang saja atau untuk dibeberapa wilayah lainnya ?

Kemudian, pengertian mengenai masyarakat desa, memang sedikit rumit untuk diketahui bahwa ladang merupakan bagian dari sistem lingkungan mereka terhadap aktivitas berladang, dengan begitu persoalannya memang bagi mereka berladang merupakan bagian sistem pertanian mereka yang baik digunakan selain bersawah. 

Dalam hal ini, sebuah tradisi yang mesti diketahui masyarakat mengenai sistem berlandang, yang merupakan salah satu aktivitas dari masa nenek moyang mereka yang berlangsung arif, dipahami dalam kearifan lokal mereka. Tidak bisa dielakan kalau begitu, sama saja dengan budaya lainnya, yang memiliki peran serta dalam mempertahankan berbagais sistem sosial budaya mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close