Identitas Kesukuan : Sistem Sosial Yang Mengarah Pada Persoalan Manusia

10/31/2020

Sistem sosial akan dibagi menjadi berbagai sub kebudayaan salah satunya suku, yang lebih pada sistem masyarakat yang dibuat berdasarkan budaya yang mereka terapkan. Memahami budaya suku, yang kaya akan sistem budaya, tetapi memiliki karakteristik iman dan perbedaan terhadap manusianya, ada pada masyarakat yang memiliki kehidupan bermasyarakat dengan kondisi sosial yang bermasalah.

Kehidupan yang berpindah-pindah dengan menjalankan tradisi dalam suatu kebudayaan yang memang memiliki kesan yang tidak amat menarik untuk diketahui. Pada masyarakat suku Batak yang berada pada sistem tatanan sosial di masyarakat, dengan kaum minoritas, sejak memahami karakteritik masyarakatnya, yang begitu kasar dalam bertutur merupakan hasil dari manifestasi sebuah kebudayaan mereka terhadap lingkungannya.

Apa yang menarik untuk memahami prilaku mereka dalam kehidupan bermasyarakat, tantunya tidak berbeda jauh dengan sistem masyarakat suku lainnya, seperti Jawa, dengan tegas memahami masyarakat kelas kebawah dan menegah akan berbeda dengan karakteristik mereka pada kehidupan bermasyarakat,

Pengetahuan yang begitu maju dengan sistem biologis mereka, tentunya keberadaan mereka merupakan hasil pedekatannya terhadap berbagai upaya aspek lainnya terhadap kehidupan mereka yang berlangsung.

Maka, dari itu dengan berbagai persoalan yang dianggap dalam melihat karakteristik mereka, tentunya memiliki tingkatan terhadap persoalan sistem sosial yang hendaknya diketahui, dimulai dari apa yang mereka enggan terapkan terhadap hubungan sosial di masyarakat, tentunya berada pada persoalan manusianya, dengan tekanan sosial, dan berakibat pada cacat sosial, yang berada pada sistem kesukuan mereka.

Untuk memahami sejauh maka, peran mereka di masyarakat, tentunya mengarah pada persoalan dinamika yang berlangsung dengan sistem pemahaman yang terletak pada dinamika sosial kehidupan mereka, yang berbeda dengan masyarakat asli. Keberadan mereka diberbagai wilayah, dapat diketahui dengan apa yang dibuat pada sistem ekonomi budaya mereka.

Maka, dari itu dengan peran yang diketahui memiliki persoalan terhadap kebudayaan lainnya, dengan melihat budaya Betawi misalnya akan berbeda, dengan sistem karakteristik mereka terutama pada sistem sosial ekonomi masyarakat disekitar bantaran sungai.

Pengertian mengenai budaya akan dekat dengan sistem sosial yang memiliki aspek dinamika masyarakat yang berperan dalam setiap pendekatan yang sampaikan pada masing-masing karakteritik di masyarakat, lebih tepatnya pada setiap manusia yang memiliki perbedaan terhadap dinamika budaya di masyarakat.

Aspek ekonomi sosial yang berperan dalam kehidupan mereka tentunya akan berdampak pada struktur ekonomi di masyarakat, yang saling menjadi persoalan terhadap keberadan mereka. Tidak dapat dipungkiri ketika berbagai hal terkait dengan manusianya, hendaknya memiliki peran terhadap perubahan mereka masing-masing di lingkungan biologis mereka. 

Hasil dari pembentukan karakteritik mereka sebagai manusia, dan dengan pengetahuan yang disampaikan berdasarkan kontribusi mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close