Pengaruh Filsafat Bagi Kehidupan Dan Pola Pikir Manusia

11/01/2020

Pengertian mengenai filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu philosophia  yang berarti cinta pengetahuan. Philosophia terdiri dari dua kata yaitu philos dan sophia

Philos berarti cinta, senang, suka. Sedangkan sophia berarti pengetahuan, hikmah, dan kebijaksanaan. Pengertian filsafat adalah kegiatan berpikir secara lebih mendalam terkait dengan pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali muncul dalam kehidupan seperti untuk apa yang ada di dalam alam semesta diciptakan,

Serta apa saja tanggung jawab manusia terhadap Tuhan, bagaimana cara berorganisasi, dan masih banyak hal lagi. Filsafat sudah ada lebih dari 2000 tahun, tetapi dalam waktu selama itu filsafat belum mampu dan takkan pernah mampu memberi jawaban yang mutlak. Tetapi filsafat mampu memberikan jawaban yang rasional, sistematis, dan kritis.

Berdasarkan pengalaman dari Filsuf-filsuf yang terkenal akan pemikiran besarnya antara lain seperti Aristoteles, Plato, Jacques Derrida, Immanuel Kant, dan Thomas Aquinas. Dapat dinyatakan bahwa Setiap filsuf memiliki cara pandang yang berbeda.

Oleh sebab itu filsafat sangat menarik untuk dipelajari. Berikut ini 10 aliran filsafat yang mempengaruhi pola pikir manusia. Salah satu yang menarik mengenai, Rasionalisme yang merupakan aliran filsafat yang berpegang teguh pada akal. Maka,   Rasionalisme menganggap akal adalah alat terpenting dalam memperoleh dan menguji pengetahuan.

Berbagai ahli filsafat akan memahami berbagai pergolakan batin yang diterapkan berdasarkan pengalaman hidup mereka. Dimulai, dari setiap konsumsi yang dibawa berdasarkan pengetahuan mereka untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda secara rohani, Katolik, Roma.

Berbeda dengan pemahamn mengenai Rasionalisme yang hanya mengandalkan akal untuk menentukan kebenaran. Empirisme memerlukan pembuktian secara indrawi untuk menentukannya. Pembuktian secara indrawi yaitu dilihat, didengar, dan dirasa.

Menurut aliran filsafat ini, pengetahuan dapat diperoleh melalui pengalaman dan perantaraan indera. Kebenaran berdasarkan pengalaman berhasil membawa pengaruh terhadap bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Tetapi, dalam hal ini bidang hukum terus diketahui berdasarkan persoalan mereka terhadap sistem yang mereka pengaruhi dengan berbagai persoalan terkait dengan kebatinan mereka. Untuk menjadi hakim, serta pengetahuan yang baik berdasarkan Hukum, dan diantaranya hukum Tuhan membutuhkan proses panjang terhadap nilai yang ada.  

Sementara, positivisme mendapatkan persetujuan untuk berupaya dalam membuat aturan bagi manusia dan alam. Sehingga dalam hal ini pengetahuan tidak diperbolehkan membelakangi fakta. Suatu kebudayaan yang lekat dengan alam dan manusia tentunya berada pada masyarakat pedesaan, yang menjadi tinjauan terhadap budaya mereka dengan apa yang dihasilkan dari alam.

Pada masyarakat suku daya, yang sudah mengenal agama, telah memahami bahwa hasil panen mereka atau lumbung padi yang mereka miliki merupakan hasil dari anugerah Tuhan  yang tidak habisnya. Dengan panen yang mereka miliki, diperingati sebagai naik Dango, yang merupakan salah satu taradisi budaya mereka secara turun temurun.

Hal ini, juga menjadi pemikiran kritis bahwa hasil panen yang mereka miliki merupakan hasil dari tangan mereka yang mengerjakannya. Sehingga dalam hal ini berbagai persoalan hak masyarakat adat dan lokal merupakan salah satu hasil dari apa yang dihasilkan pada masyarakat Desa.

Yang menjadi persoalannya adalah Kritisisme melakukan kritik terhadap Rasionalisme dan Empirisme karena kedua aliran filsafat itu sangatlah berlawanan. Untuk menentukan kebenaran, Rasionalisme mengandalkan akal sedangkan Empirisme mengandalkan pengalaman. Berbagai pengalaman yang diketahui usaha manusia yang superior tentunya berada pada persoalan mereka terhadap apa mereka kerjakan.

Dengan begitu masalahnya adalah konflik sosial yang berada pada setiap gerakan organsiasi, serta konflik hutan tidak lepas dari masalah manusianya terhadap pengetahuan-pengetahuan yang mereka miliki.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close