Perlu dipahami adalah ketika organisasi masyarakat, secara Indonesia yang dikumpulkan dari uang Indonesia misalnya akan berbeda dengan budaya Barat yang memiliki ekonomi liberal yang mereka langsungkan dengan baik.
Orang Indonesia, khususnya Dayak pada uang Indonesia, tidak
menerima UKM atau uang kecil pada masyarakat ekonomi kreatif dalam pendidikan keuangan mereka. Suatu pengalaman
menarik seperti yang digaungkan oleh bank pancur aksih memang tidak pada
orang-orangnya, terutama pada penyetor dan teler.
Jelas ketika mereka berkuasa secara ekonomi, mereka tampak pada
akses bank hanya di Kalimantan. Ini memang jelas bagaimana setiap orang pribumi
Indonesia, menjadi bagian pemeriksaan dari setiap mata uang yang dikenakan RI.
Kepentingan ekonomi, sosial, politik dalam negeri memang berada
pada akses masyarakat adat secara lokal, dan itu nyata berdasarkan temuan dan
pengalaman setiap masyarakat yang percaya pada lembaga keuangan itu.
Politik seksualitas menjadi bagian dari kehidupan mereka dalam
mengakses berbagai sistem ekonomi budaya mereka yang disahkan oleh kementerian
keuangan (Rp. 20.000). Bagaimana kaum mereka - mereka untuk bisa bersaing dengan uang lembaga
yang ada di Indonesia 2009 -11.
Label yang mereka buat pada faktanya tidak sesuai dengan apa yang
menjadi dasar dari akses kehidupan sosial mereka secara agama. Berbagai pandangan
itu muncul dengan adanya setiap manusia yang meyakini berbagai hal terkait
dengan aspek kehidupan agama dan budaya, menjadi berbeda dengan sebelumnya.
Pada orang-orangnya, yang jelas bagaimana sistem ekonomi dapat
menjelaskan berbagai akses kehidupan budaya di masyarakat dengan fakta yang
memang berbeda dengan sebelumnya. Dayak – Jawa – Tionghoa - Batak dengan hasil ekonomi sosial, dan politik dari berbagai profesi, pedagang, pendidik, aktivis lingkungan yang memang
berada pada kelas sosial kebawah dan menengah.
0 comments