Riset Partisipatori

11/22/2013

Teori kritik memberikan suatu fenomena yang terkemuka dari segi mempengaruhi pandangan, pendekatan dan praktik perubahan sosial masyarakat. Hal ini ini dirasakan ketika adanya pendekatan yang meletakan masyarakat sebagai subjek perubahan sosial dam pembangunan, subjek pendidikan serta subjek penelitian. Untuk itu, dasar prinsip yang meletakan masyarakat atau rakyat sebagai subjek perubahan ini, telah lahir suatu metodologi, yaitu Partisipatori atau penelitian tindakan partisipatif. Proses kombinasi yang melahirkan suatu metodologi ini terlahir daru suatu kombinasi pendidikan, penelitian dan aksi sosial yang meletakan  masyarakat sebagai subjeknya.

Riset partisipatif dapat dikatakan bukan hanya sekedar riset, melainkan merupakan proses dan praktik perubahan sosial serta pemberdayaan masyarakat. Riset partisipatori atau partisipatif juga diinspirasi oleh metode historis materialis. Tidak diherankan jika pradigma riset dan aksi politik ini menarik perhatian para praktisi yang bergerak dalam usaha pemberdayaan masyarakat. Hal ini dikarenakan, metodologi ini menjanjikan model demokrasi, dan anti kekerasaan dalam bidang ekonomi kerakyatan ideology, politik serta transformasi cultural. Adanya riset ini, tak lepas dari asumsi bahwa dasar setiap manusia mempunyai kemampuan atau potensi untuk menciptakan pengetahuan dan perubahan, suatu keyakinan.


Metode riset ini memungkinkan rakyat untuk mengontrol riset, tidak hanya subjeknya saja, serta membangun pengetahuan mereka sebagai pusat informasi. Aksi riset yang melibatkan rakyat ini disandarkan pula pada proses dialogis bersama rakyat sebagai subjek perubahan sosial.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close