Museum Tekstil di Nusantara

1/17/2016

Museum tekstil Nusantara terletak di Kota Jakarta, Indonesia. Lokasi tekstil nusantara terletal di perdagangan pasar Tanah Abang. Dimana, disana kebutuhan masyarakat ada disekitar pasar tersebut. Meskipun begitu, tak disadari kita lupa akan keberadaan museum tekstil ini. Gedung museum yang yang menyimpan ribuan koleksi kain ini, seolah-olah malu untuk dilihat. Untuk itu, para pengunjung harus berusaha menemukan tempat itu. 

Museum yang tak jarang orang datang ini, tentunya memiliki keheningan, teduh dan nyaman untuk dikunjungi. Dengan kondisi yang terjaga telah terpancar didalam gedung utama yang memajang suatu keindahan koleksi tekstil. Jika Berdasarkan sejarah berdirinya museum tekstil ini, konon dibangun pada abad ke 19 ini awalnya adalah rumah tinggal milik orang Prancis. Rumah itu, pada awalnya terjadi transaksi jual beli ke sejumlah orang. Hingga pada 11 Juni 1952, Departemen Sosial RI membelinya. 

Menarik sekali, jika sejarah tekstil ini berdiri kokoh dan dikelola oleh Pemerintahan DKI Jakarta. Untuk melestaraikan budaya tekstil Indonesia, 25 Oktober 1975 menjadi salah satu momentum yang penting, dengan menjadikan rumah tersebut sebagai museum tekstil,  sebagai tempat mengumpulkan, merawat, mencatat, dan menerbitkan, dan memperkaya data-data tekstil Nusantara. Sehingga, pada tgl 28 Juni 1976, museum tekstil diresmikan dengan luas 16.410 m².

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close