Kesiapan Indonesia Dalam Mengatasi Persoalan Pangan Global

12/13/2017

Indonesia merupakan salah satu Negara agraris yang memiliki banyak potensi terhadap pangan Nasional. Bagaimana dalam menyingkapi hal ini? Terutama dalam hal ini, pengaruh globalisasi lewat sistem perdagangan bebas dan khususnya GATT/WTO, terhadap sistem ekonomi pertanian di Indonesia. Kesepakatan tiap Negara  terhadap sistem ekonomi yang dicapai dalam forum tersebut sebagain besar baru dilaksanakan Negara-Negara dunia ketiga pada tahun 2020.

Persoalan pangan merupakan hal yang harus perhatikan, terutama di pedesaan. Dalam hal ini, ketika suatu Desa tak dapat membendung kebutuhan pangan. Maka, dalam hal ini impor menjadi salah satu solusi dalam menangani krisis pangan di Indonesia. Dalam hal ini, WTO mendesak mengenai tarif bea masuk pasar dalam negeri untuk dipangkas. Hal ini agar, pangan yang dimpor dan masuk di pasar Indonesia beban nya tidak membebani masyarakat.

Baca Juga : 

Sementara ini, yang harus diperhatikan bahwa “Revolusi Hijau” yang merupakan bagian tak terpisahkan dari proses globalisasi dan perdagangan bebas, sepenuhnya menganut logika pertumbuhan yang melawan tradisionalisme. Dari hal tersebut, dapat dimengerti bahwa  petani Indonesia yang pada umumnya masih peasan, tradisional dan pemilikan lahan yang rata-rata sempit, akan semakin tergusur, dan mesti menjadi persoalan juga dalam mengatasi persoalan petani tradisional.

Dengan demikian, yang mesti dipahami bahwa tidak semua petani di Indonesia dapat menghadapi globalisasi yang semakin bersaing, jika tidak didorong dengan kebijakan dan teknologi yang berpihak pada petani. Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan, adalah kebutuhan petani dalam mengelola lahan mereka agar kebijakan yang dibuat dapat menjadi tolak ukur dalam memproduksi dan mengembangakan pembangunan disektor pertanian.

Jika dilihat. Ketika gambaran bahwa globalisasi khususnya dalam bentuk perdagangan bebas disektor pertanian bebas, terutama disektor pertanian, sangat akan merugikan Negara-Negara dunia ketiga. Sementara, nantinya Indonesia akan menjadi salah satu bagian dari proses modernisasi pertanian dan masuk dalam perdagangan bebas, padahal hal tersebut dibutuhkan kesiapaan dari masyarakat, dalam hal ini petani di Indonesia.

Dengan melihat persoalan yang ada di Pedesaan tentunya, harus menjadi suatu kebijakan dari tatanan sistem yang ada pada birokrasi dan masyarakat, dan terutama bagi para petani juga. Hal ini, tentunya menjadi salah satu bagian dari persoalan yang harus diperhatikan, ketika pertanian yang di pedesaan dapat menjadi salah satu nilai jual dan unggulan. Hal ini, menjadi salah satu bagian terpenting, ketika kemajuan sistem pertanian Nasional merupakan salah satu isu strategis, dalam menyingkapi isu global nantinya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close