Manfaat dan Keunikan Munculnya Asal Singkong

2/19/2018


Tanaman singkong (Manihot esculenta) merupakan tanaman dari keluarga Euphorbiaceae yang berasal dari Amerika Selatan terutama Brazil dan Paraguay. Orang di Amerika Selatan telah membudidayakan singkong sejak lama sebelum Colombus tiba di Amerika. Kemudian ketika pelaut Europian tiba di Amerika Selatan, mereka membawa singkong dan memperkenalkan singkong ke Afrika melalui perdagangan dengan orang-orang Afrika yang tinggal di pantai atau pulau-pulau terdekat selama abad ke-16 dan ke-17.
1. SUMBER ENERGI BAGI TUBUH
Dalam 100 gram porsi, singkong mengandung 38 gram karbohidrat dan 160 kkal kalori . Hal ini membuat singkong sebagai sumber energi yang sangat baik bagi tubuh yang mengalami aktivitas fisik berat. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa yang bertindak sebagai sumber energi bagi sel tubuh.
Kemudian, glukosa akan disimpan dan mengkonversi menjadi glikogen dalam otot sebagai reservasi energi. Sementara daun singkong juga mengandung karbohidrat dengan jumlah yang sama dengan karbohidrat pada kacang dan kacang kedelai.
2. MENURUNKAN KOLESTEROL DARAH
Sebuah studi di Filipina (salah satu negara di mana singkong merupakan salah satu tanaman penting) melakukan penelitian terhadap singkong dalam kaitannya untuk menurunkan kadar kolesterol pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa singkong memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol total.
Kemudian singkong juga menurunkan kolesterol LDL yang dianggap sebagai kolesterol jahat dan selain itu singkong juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida karena kandungan seratnya yang tinggi. Singkong juga dikenal sebagai sumber saponin. Saponin akan mencegah asam empedu dan kolesterolagar tidak diserap oleh usus kecil.
3. MENCEGAH ANEMIA
Mineral besi yang dikandung oleh singkong dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting, hemoglobin (molekul protein dalam sel darah merah) dan mioglobin (protein yang ditemukan dalam jantung dan otot) yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
Mengkonsumsi daun singkong atau akar singkong dapat membantu mencegah tubuh dari kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia dan membantu proses pembaruan sel-sel darah merah.
4. MENJAGA KESEHATAN TULANG DAN GIGI
Singkong mengandung kalsium yang diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Vitamin-K yang ada pada daun singkong juga memiliki peran potensial dalam membangun susunan tulang dan mencegah hilangnya kalsium.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close