Kunjungan Negarawan Indonesia - Australia

3/17/2018

Sepanjang perkembangan dinamika politik Internasional gambaran mengenai lingkungan luar dengan berbagai perubahan dan pengaruhnya terhadap sistem politik Nasional. Begitu juga kunjungan Kepala Negara, dimana proses perpolitikan di Indonesia jelas ada tujuan dari hal tersebut. Australia, dimana banyaknya generasi milenial Indonesia tinggal di Negara Kanguru tersebut.

Sejarah mencatat, hubungan Indonesia dan Australia untuk bergabung dalam organisasi Internasional seperti ASEAN, merupakan gambaran mengenai perpolitikan di Indonesia. Sejakab berakhirnya sistuasi politik Internasional dimasa lalu berubaha begitu dinamis. Dimana, setelah Amerika Serikat dan sekutunya memenagkan PD II, perdamaian yang terbangun dalam pengambilan bentuk khusus sebagai bentuk perang dingin.

Tetapi, dengan adanya terbentunya liga Bangsa-Bangsa ketika itu maka melalui perserikatan bangsa-bangsa untuk memelihara perdamaian dan mencegah konflik memberikan pengaruh dominan terhadap situasi politik Internasional. Sementara, diluarnya berdiri organisasi-organisasi Internasional yang pembentukannya mencerminkan persaingan antara kedua blok di bidang pertahanan atau pun ekonomi, begitu juga dengan organisasi Internasional seperti PBB, Masyarakat Ekonomi Eropa, dan ASEAN, dalam proses tersebut maka ketegangan dunia dan upaya dalam penyelesaian pun berlangsung.

Meskipun secara eksplisit dinyatakan bukan sebagai organisasi yang mewadai kerjasama politik dan pertahanan, namun dalam praktiknya tidak dapat lepas dari pengaruh. Kali ini, untuk pertama kalinya juga Australian menyatakan diri untuk bergabung dalam ASEAN, merupakan salah satu bagian dalam proses politik Internasional yang secara khusus berlangsung dengan hubungan persahabatan. Dengan demikian, pengaruh gerenasi milenial yang berada di Australia merupakan salah satu bagian dalam perhatian Indonesia dalam menjaga dam tetap menyuarakan perdamaian, dan tolerasi antar sesama.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close