Apa Saja Pengaruh Partisipasi Politik di Indonesia

3/18/2018

Dalam sistem partisipasi politik yang merupakan bentuk dari kegiatan terhadap konversi, input dalam analisis sistem dan menjadi energy gerak terhadap bergeraknya dan yang merupakan masukan masyarakat terhadap kebijaksanaan yang dikeluarkan dalam konversi. Dengan bekerjanya suatu mekanisme tersebut tentunya mengenai oleh lingkungan yang terdapat di dalam sistem maupun diluar sistem.

Pengaruh lingkungan dalam melalui partisipasi politik didalam sistem yang berkaintan dengan karateristik masyarakat tentunya akan mepengaruhi budaya politik itu sendiri, dan partistisipasi politik. Indonesia sebagai Negara berkembang tentunya memiliki beberapa karakteristik tentunya memiliki beberapa factor terhadap sistem politik.

Dengan adanya sosialisasi politik tentunya penting untuk melakukan perubahan persepsi dan perilaku masyarakat dengan menciptakan nilai dan makna baru dalam berpolitik. Dengan tingkat kesadaran politik tentunya dapat memberikan perubahan bagi masyarakat. Pemahaman dan nilai-nilai politik begitu penting untuk diketahui ketika proses dan struktur politik itu sendiri berlangsung akan tampak dalam masyarakat yang terlibat.

Banyaknya anggapan mengenai politik, dimana proses agregasi politik bagi kepentingan individu berdasarkan pertimbangan politik yang objektif dan juga solidaritas cultural yang berjalan paralel dengan loyalitas primordial yang kuat. Sedangkan di Indonesia lainnya dalam partisipasi politik diketahui cenderung dalam partisipasi politik yang dengan sukarela dan dimobilisasi. 

Sebagai Negara yang berkembang pula maka partisipasi politik cenderung dimobilisasi begitu menonjol. Hal ini terlihat ketika partisipasi politik Indonesia begitu tampak akhir-akhir ini. Dengan demikian, kesadaran masyarakat terhadap partisipasi politik begitu meningkat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close