Perubahan Sosial Dalam Pembangunan Masyarakat Desa

4/12/2018

Pembangunan masyarakat Desa bukan hanya berkaitan dengan direncanakan atau tidak direncanakannya perubahan yang terjadi. Melainkan juga perbedaan tempatnya. Perubahan sosial beserta perkembangan atau kemajuan yang menyertai merupakan proses yang terjadi secara umum, yang sesuai dengan perkembangan masa.

Oleh karena itu, pembangunan masyarakat Desa merupakan fenomena yag lebih khusus dan menjadi perhatian, dimana jika memahami batasan pembangunan Desa secara umum. Hal yang diperhatikan, adalah pembangunan masyarakat Desa yang berarti pembangunan masyarakat tradisional menjadi manusia modern (menurut Hunt), kemudian pembangunan masyarakat Desa berarti pembangunan swadaya masyarakat dan rasa percaya diri sendiri (Menurut Mukerjee). Kemudian, pembangunan pedesaan tidak lain dari pembangunan usaha tani atau pembangunan pertanian (Mosher).

Pembangunan pedesaan merupakan salah satu bagian perencanaan tiap Negara, hal ini guna mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang ada di masyarakat. Dimulai dari pembangunan tersebut maka akses masyarakat Desa dapat dipenuhi dengan baik. Hal ini, ketika pembangunan Desa merupakan fasilita yang digunakan maka persoalan ekonomi masyarakat terakses dengan ekonomis.

Perbedaan perubahan sosial dalam masyarakat harus diikuti dengan pembangunan yang ada di Desa, kebutuhan dasar masyarakat Desa merupakan salah satu pendukung dalam menghasilkan nilai ekonomis yang ada di Desa, tanpa terkecuali. Proses pembangunan yang begitu pesat merupakan salah satu factor pendukung dalam menghadapi perubahan dan kemajuan secara umumnya. Hal ini, lantaran kebutuhan dan perkembangan masa terus mengikuti.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close