Ecology : Lingkungan Hidup Dan Pengelolaan

5/08/2018

Dalam instrument pengelola bisnis untuk mengambil keputusan yang lebih baik untukkepentingan bisnis maupun untuk memenuhi tanggung jawab lingkungan sosial dan perusahaan tentunya ditujukan pada masyarakat dan pemilik yang patus memberikan informasi bagi pengelola perusahaan guna memperbaiki pengelolaan lingkungan hidup.

Kemudian, instrument yang didasarkan pada prinsip efisiensi, yaitu eko-efisiensi dan eko-industri, bearti menggunakan sumber daya ekonomi seefektif mungkin guna memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang di limbah. Dari segi bisnis efisiensi bearti berkurangnya bahan dan energy yang terbuang sehingga biaya produksi menutun dan potensi profit naik.

Sementara, pandangan dari lingkungan hidup dapat diketahui bahwa untuk menurunkan potensi dampak terhadap lingkungan hidup. Dengan demikian, eko-efisiensi yang merupakan arti dari efisiensi ekonomi dan efisiensi ekologi dapat dipahami sebagai kepentingan ekonomi dan ekologi. Tataran ini merupakan salah satu bagian dalam lingkungan hidup fisik, konsep ekologi industri yang mencakup luas. Dalam hal ini, ekologi industri merupakan konsep yang ingin meniru alam yang tidak mengenal limbah. 

Limbah adalah konsep antroposentris, dimana mengimplikasikan konsep dan kelangsungan hidup industri yang bukan lagi sebuah survival of the fittest dalam arti kelangsungan hidup bagi yang lingkungan hidup berdasarkan keselarasan. 
Dengan demikian, yang dapat menjaga kelangsungan hidup bukanlah yang mempunyai daya saing tertinggi dan menyingkirkan lawan-lawannya melainkan yang dapat menjalin kerja sama dengan komponen-komponen lain dalam ekosistem tersebut.

Ekologi industri mendasarkan pada beberapa prinsip, pertama berupaya meningkatkan efisiensi proses produksi sehingga kebutuhan materi dan energy dapat ditekan seminimum mungkin, misalnya dengan penggunaan katalisator yang lebih baik. Kemudian, limbah proses produksi dirancang untuk didaur ulang atau menjadi produk kepada industri lain.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close