Prespektif Sosial Pariwisata Masyarakat

5/08/2018

Jika memahami pariwisata sebagai kegitan sosial maka kondisi ekoomi tertentu dan dinamika tinggi kehidupan suatu masyarakat atau beberapa masyarakat. Kegiatan pariwisata tentunya memberikan dampak sosial ekonomi, budaya , politik dan seterusnya pada masyarakat lain. Perubahan sosial masyarakat di daerah tujuan wisata tentunya terjadi sebagai dampak sosial yang timbul dari pariwisata.

Tetapi, pada masyarakat setempat, pariwisata tidak senantiasa menimbulkan dampak sosial menyeluruh pada kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Karena, tidak semua masyarakat di daerah itu memiliki dan menjadi objek wisata. Pada masyarakat modern, di masyarakat yang tengah hendak berubah, di masyarakat Desa, pertanian dan sebagainya tipe masyarakat tersebut seringkali dijumpai adanya kegiatan pariwisata yang melibatkan secara aktif sebagian warga masyarakatnya.

Pada sisi lain, pariwisata muncul dan berperan dalam upaya menciptakan ketenangan, damai, dan menjadi penghubung kerja sama bilateral maupun multilateral, dan proses dalam penyelesaian konflik. Sebagai media yang memahami proses pemahaman antar budaya yang berbeda, serta penghormatan orang dan bangsa satu dengan yang lain.
Baca Juga :
Pariwisata berupa praktek perjalanan wisatawan mancanegara yang dinilai memiliki dampak negative bagi tata kehidupan sosial budaya masyarakat setempat atau masyarakat yang dikunjungi.

Sehingga kondisi tersebut dapat dinyatakan sebagai penyebab dari timbulnya biasa sosial budaya yang besar dan yang tidak sebanding dengan keuntungan ekonomis yang diperoleh dari kegiatan pariwisata.

Prespektif pariwisata secara sosiologis atas kegiatan pariwisata yang bergerak secara dinamis dan melibatkan berbagai ragam kelompok sosial menjadi tantangan dalam mengembangkan sosiologis, bai secara sosiologis maupun empiris dan memiliki implikasi hasil yang berimplikasi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close