Bagaimana Peranan Pelestarian Budaya Dan Pengembangan Kepariwisataan

6/21/2018

Ada hal yang perlu diketahui ketika peran pelestarian warisan budaya dan pengembangan kepariwisataan, merupakan bagian dari peninggalan sejarah yang diharapkan berlanjut. Peran masyarakat dan lembaga-lembaga social berfungsi mengatur peranan warga individu-individu bagi kelangsungan nilai-nilai social budaya masyarakat.

Perkembangan pariwisata budaya tentunya yang mesti diperhatikan adalah potensi objek dan daya tarik wisata budaya serta kelangsungan yang membutuhkan system pelestarian yang penting bagi keberlanjutan kegiatan kepariwisataan. Pengembangan objek dan daya tarik wisata budaya membutuhkan peranan masyarakat pariwisata dan masyarakat setempat untuk melestarikan.

Dengan menjaga pengembangan objek dan daya tarik wisata budaya membutuhkan peranan masyarakat pariwisata dan masyarakat setempat untuk menjaga budaya dengan menyelipkan pesan pendidikan dan pengunjung mengenai nilai budaya dan bagian yang terkandung didalamnnya.
Baca Juga :
Dalam hal ini, peranan pembuat kebijakan pelayanan public, pengaturan peranan dan perlindungan kepentingan masyarakat pariwisata, masyarakat setempat dan wisatawan akan memajukan kegiatan kepariwisataan. Kemajuan kegiatan pariwisata yang ditandai dengan jumlah wisatawan dan masa kunjungan yang panjang akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah.
Baca Juga :
Catatan Meningkatkan : Minat Kesenian Rakyat

Daya Tarik Wisata Budaya Sosial Masyarakat
Hal ini, bisa dimulai dari Dinas Pariwisata dan Budaya terhadap peranan menyediakan pelayanan informasi dan fasilitas lain bagi para wisatawan. Fungsi pengawasan dan koordinasi terhadap semua pihak yang terkait langsung dengan kegiatan kepariwisataan perlu dilakukan secara terencana, teratur. Maka, peranan usaha pariwisata terfokus dalam meningkatkan pelayanan wisata pada wisatawan.

Apa saja dalam hal ini peranannya, tentu berdampak social ekonomis yang dapat dirasakan dengan aktivitas kepariwisataan. Hal ini tentunya berperan baik dalam meningkatkan potensi dan kebutuhan yang ada di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close