Difusi Inovasi Teknologi Terhadap Sistem Sosial

6/22/2018

Proses difusi inovasi pada prinsipnya adalah perembesan adopsi inovasi dari satu individu yang telah mengadopsi ke individu lain dalam system social masyarakat sasaran yang sama. Belangsungnya proses difusi inovasi.

Berlangsungnya proses difusi inovasi pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan proses adopsi, dimana pembawa inovasinya berasal dari luar system social masyarakat sasaran maka proses difusi, sumber informasi berasal dari system social masyarakat sasaran itu sendiri.

Kecepatan adopsi dan difusi juga tergantung kepada aktivitas yang dilakukan oleh penyuluhannya sendiri. Sehubungan itu selaras dengan bahasan mengenai penyuluhan yang hadir dalam peran agar dapat mempercepat proses adopsi/difusi inovasi. Kemudian, yang terpenting bagian dari masyarakat serta kebutuhannya.

Kemudian, dalam menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat sasaran dan bersamaan dengan itu semakin menunjukan kesiapan untuk melihat persoalannya, hal ini guna mendukung dan membantu masyarakat sasaran untuk melakukan perubahan. Berkaitan dengan hal itu, maka dibutuhkan proses adopsi dan difusi inovasi tentang peran kelompok terhadap pemuka pemdapat.

Dalam proses adopsi inovasi maka dipahami sebagai panutan dan acuan masyarakatnya dibandingkan kelompok perintis dan pelopor. Inovasi menjadi bagian dari proses perkembangan dan kemajuan di masyarakat, agar digunakan sebaik-baiknya. Dengan demikian, ide-ide akan tersampaikan. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close