Peran Dan Tugas OPEC Terhadap Perkembangan Ekonomi Ketika Itu

6/22/2018

OPEC atau Organization of Petroleum Exporting Countries. Memiliki peran dalam menjalankan tugas sebagai negara anggota. OPEC merupakan suatu organisasi antar pemerintah yang anggotanya terdiri dari para negara eksportir minyak. Organisasi ini berdiri pada tahun 1960 di Bagdad, Iraq oleh lima anggota pendiri yaitu Iran, Iraq, Kuwait, Saudi Arabia, dan Venezuela. 

Keanggotaan dari OPEC pun terbilang fluktuatif karena beberapa anggota ada yang memutuskan untuk keluar, termasuk Indonesia ketika itu. Namun ada juga yang kemudian bergabung kembali sebagai anggota OPEC. Keadaan tersebut yang menyebabkan OPEC pada saat ini hanya memiliki 14 anggota negara dari berbagai wilayah dunia. 

OPEC berdiri di picu oleh adanya suatu keputusan sepihak dari perusahaan minyak multinasional yaitu The Seven Sisters pada sekitar tahun 1959 hingga 1960. Keputusan sepihak tersebut menyangkut usaha untuk menguasai industri minyak dan penetapan harga minyak di pasar internasional.

Oleh sebab itu pada tahun 1970, OPEC mendapat penempatan secara penuh dalam industri minyak atau pasar minyak internasional yang didasarkan pada The Tripoli-Teheran Agreement antara OPEC dan The Seven Sisters. 

Sejak saat itu, OPEC menjadi suatu wadah atau organisasi bagi para anggotanya untuk menggabungkan serta mengkoordinasikan kebijakan-kebijakan yang mengatur industri minyak serta harga minyak di pasar internasional. Tujuan OPEC yang paling utama adalah untuk memelihara serta meningkatkan peran atau posisi minyak sebagai sumber energi utama dalam mencapai perkembangan ekonomi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close