Biodiversity : Proses Industrialisasi Agroindustri

7/05/2018

Permintaan terhadap komoditas dunia setiap tahun semakin meningkat, dimana perluasan lahan perkebunan menjadi kebutuhan yang mendesak, terhadap pertumbuhan ekonomi. Berjalan dengan proses industrialisasi yang sedang berlangsung maka, sector perkebunan juga menjadi bagian yang diunggulkan dalam mendukung proses industrialisasi.

Dengan munculnya agroindustrialisasi yang sedang berlangsung maka sector perkebunan juga menjadi bagian yang diunggulkan dalam mendukung proses industrialisasi, sehingga muncul agroindustry yaitu perkebunan yang dijalan berdasarkan cara kerja industri dengan dukungan nilai ekonomi Nasional. Mengapa agroindustry penting, hal ini dikarenakan Indonesia sebagai Negara industri yang menghasilkan beraneka macam produk pertanian.

Aneka produk menjadi nilai bagi pasar domestic maupun manacanegara, dimana agroindustry tersebut sekaligus merupakan sarana untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian dan memperluas pasar bagi produk pertanian yang pada akhirnya menunjang usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Meskipun dipahami jika proses perkembangan industrialisasi, didukung Negara lain sebagai bagian dalam persoalan social ekonomi masyarakat, maka dengan adanya kegiatan produksi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara berkesinambungan. Sebagai industri berbasis sumber daya, agroindustry berpotensi dapat meningkatkan cadangan devisa serta penyediaan lapangan kerja.

Posisi Indonesia begitu menarik untuk diketahui, ketika nilai strategis merupakan satu dari sedikit Negara di daerah tropis yang memiliki keragaman hayati (biodiversity) yang cukup besar. Jika ada pengertian terpadu, maka keterkaitan usaha sector hulu dan hilir serta pengintegrasian kedua sector secara sinergis dan produktif.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close