Pusat Perdagangan Pedesaan : Perkembangan Pedesaan Sebagai Ketahanan Potensial

7/05/2018

Struktur masyarakat Desa dapat dihadapkan pada struktur social yang juga melainkan dari struktur fisik Desa, yakni keseluruhan lingkungan fisik beserta bangunan fisiknya Struktur fisik Desa yang penting antara lain dapat dilihat dari pemukiman masyarakat Desa. Dengan memahami pola pemukiman, maka akan berhubungan dengan ruang pemukiman penduduk Desa.

Secara umum terdapat beberapa bentuk dan pola pemukiman sebagai pendekatan tehadap penduduk, dengan proses pertanian pedesaan dengan ruang pedesaan di masyarakat. Pola pemukiman dapat dipahami sebagai perkembangan Desa secara skematis.

Dengan perkembangan pedesaan selanjutnya dapat dipahami sebagai trade center (pusat perdagangan) yang berada di pedesaan dengan istilah terisolasi dalam tipe pemukiman yang dapat menunjukan jarak dan tempat kediaman para penduduk yang satu dengan yang lain.
Trade center secara sederhana dapat diartikan sebagai pasar, dimana ada proses ekonomi berlangsung. Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan pedesaan dapat menjadi bagian dalam mendukung proses pembangunan pedesaan berdasarkan pola pemukiman yang ada.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close