City Urban : Keswadayaan Masyarakat Komunitas

7/31/2018

Memahami masyarakat komunitas tentunya merupakan bagian dari mekanisme tersendiri terhadap pengaman social bagi keutuhan komunitas tersebut. Sebagai akibatnya pola-pola perubahan dalam pemukiman memiliki struktur.

Perubahan mendorong keberlangsungan pergeseran populasi, yakni proses invasi ke dalam proses tergeser ke luar. Pemusatan aktivitas misalnya akan mendorong berlangsung pergeseran populasi tersebut, tentunya akan berlangsung terhadap masyarakat industri perkotaan merubah perkembangan.

Misalnya kampong-kampung beserta pemiliknya yang masih hidup pada sector ekonomi tradisional secara bertahap tergeser ke pinggiran. Proses senitrifikasi ini terus berlangsung dan mengakibatkan perkampungan akan semakin berkurang.

Sementara, pedesaan mesti berupaya untuk tetap melakukan invasi ke dalam bertahandan bermukim di kampong-kampung serta lorong-lorong public. Upaya ini, dilakukan karena perkembangan suatu kota belum mampu memindahkan pekerjaan ke pusat pinggiran. 
Akibatnya, perkotaan bertranformasi menjadi sebuah urban containment dengan kepadatan manusia yang makin melampaui batas kewajaran. Perubahan populasi tersebut mendorong adanya perbedaan kesejahteraan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close