Etnisitas Serta Perbedaan Hubungan Sosial Di Masyarakat

7/11/2018

Ketika perbedaan dalam interaksi di antara anggota kelompok maka hubungan social mengandung unsur etnis. Pemahaman ini merupakan bagian dari konsep budaya yang mendasarkan diri pada tanda-tanda etnisitas.

Definisi etnisitas bukan hanya sekedar pengategorian manusia berdasarkan budaya namun lebih dari etnisitas yang mengandung relasi dalam hubungan, dan memiliki peranan dalam struktur masyarakat.

Karakteristik budaya tidak memahami seberapa besar yang ada di permukaan, tetapi ada bagian terpenting untuk mengubah kelompok etnik. Dimana, ada individu atau kelompok yang dapat mengartikulasikan keseluruhan kepentingan etnik agar merubahnya menjadi kelompok etnik yang memiliki tindakan social nyata.

Pada titik ini, dimana Indonesia menjadi bangsa yang besar dan etnisitas dapat berkembang menjadi Negara, ketika suatu kelompok terbentuk atas dasar keanggotaan etnis dan tetap bertahan dalam kurun waktu yang lama dan memiliki kesamaan asal usul. 

Kemudian, pemahaman ini merupakan yang dikatakan para ahli, seperti E.K Francis yang menekankan etnisitas adalah suatu ideology yang dimiliki individu untuk memecahkan masalah ketidakamanan yang muncul dan menempatkan diri dari struktur tertentu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close