Sistem Budaya : Pertanian Pedesaan Sebagai Sesuatu Yang Bernilai

7/11/2018

Apa yang menjadi bernilai dikalangan masyarakat Desa, merupakan bagian dari ketergantungannya terhadap pertanian untuk masyarakat yang hidup di pedesaan. Di Desa-Desa yang tidak sepenuhnya tergantung kepada pertanian. 

Yang kemudian tergantung pada sector pertanian, pada dasarnya untuk memahami pertanian dapat diperhatikan kedekatannya pada sector perdagangan, kerajinan, industri dan lainnya. Kehidupan dipedesaan tentunya bersifat kolektif, dan memahami hal tersebut dapat diketahui keberadaan masyarakat Desa nya.

Kemudian, untuk mengetahui hal tersebut, maka sector pertanian dapat diketahui antara system social pada sector petanian. Mungkin akan lebih relevan jika menggambarkan masyarakat pedesaan sebagai contoh terhadap perkembangan dan kemajuan suatu Desa. 

Karena, jika diketahui masyarakat pedesaan maka penduduk pedesaannya multirasial. Jika memahami perubahan masyarakat pedesaan yang menyangkut perubahan dalam system mata pencaharian maka, masyarakat Desa yang tidak lagi tergantung sepenuhnya pada pertanian. Pembangunan pedesaan tentunya mesti dipahami juga pelengkapnya sebagai dukungan terhadap perkembangan pedesaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close