Kebijakan Sistem Politik Terhadap Ekonomi Di Asia

7/16/2018

Dengan memahami kebijakan politik, maka system politik memiliki arti penting bagi proses pembuatan kebijakan suatu system politik. Pentingnya factor lingkungan luar di dalam kebijakan politik Nasional yang menyangkut domestic maupun luar Negeri. Urgensi factor lingkungan luar dapat dipahami sebagai krisis ekonomi yang melanda pasar uang Asia pada pertengahan tahun 1997.

Perubahan dramatic yang luar biasa ketika itu melanda pasar uang Asia yang dimulai di Thailand dan memiliki dampak luar biasa terhadap kehidupan politik dan ekonomi di Negara Asia Timur dan Asia Tenggara. Efeknya dapat dipahami dari kebijakan politik domestic Negara tersebut.

Persoalan yang perlu dipahami ketika itu, mengenai sejarah modern dunia secara singkat, kemudian lebih spesifik pengaruh lungkungan luar terhadap system politik Indonesia. Tetapi, secara umum perkembangan sejarah dunia modern ditandai sebagai empat tonggak dalam sejarah yang menandai perubahan situasi Nasional.

Pengaruh system yang dinamis tentunya memiliki pengaruh terhadap system politik Indonesia, baik itu dinamika system politik Indonesia yang terjadi secara parallel dengan sejarah politik Internasional maupun dianggap merupakan pengaruh langsung atau tidak langsung dari peristiwa politik secara Internasional. 

Sementara, pembahasan tentang system ekologi Internasional yang merupakan suatu lingkungan fisik dan kondisi non humanis dari masyarakat Internasional yang dicakup dalam aspek politik Internasional sebagat satu kesatuan yang terpisah.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close