Kebudayaan Masyarakat Desa : Pertanian Tradisional

7/01/2018

Situasi pertanian masyarakat tradisional merupakan bagian dari perubahan dasar dalam menghadapi perkembangan global. Ada berbagai factor yang menunjukkan bahwa ketergantungan alam yang tinggi, tingkat teknologi yang masih bermasalah untuk dipenuhi, serta system produksi yang belum tetap diprediksi.

Dalam hal ini, diberbagai hal yang begitu jelas telah diketahui bahwa pola kebudayaan masyarakat Desa justru dapat diperhatikan dengan seksama. Mungkin, ada wilayah yang memperlihatkan pola kebudayaan dan tradisi yang jelas identitasnya.

Pengaruh wilayah kerajaan misalnya, yang menyangkut keterkaitan antara penguasa kerajaan dengan persoalan yang berkaitan dengan pertanian. Masyarakat Desa memiliki memiliki keterkaitan serta ketergantungan yang konkret terhadap proses pembentukan kebudayaan mereka.
Baca Juga : Penataan Pembangunan di Pedesaan
Dalam pola seperti ini, maka kelompok masyarakat dapat digunakan sebagai aturan atau norma yang terpateri dalam system kekerabatan mereka terutama dalam adat istiadat atau system kebudayaan. Dengan kata lain, pola kebudayaan mereka boleh dikatakan identic dengan system kekerabatan mereka.

Sistem kekerabatan masyarakat Desa terlebih dalam masyarakat yang bersahaja serta dengan refleksi dari mereka. Pola hubungan manusia baik antara sesame maupun dengan lingkungannya, sehingga kepercayaan animisme dan dinamisme yang dianut berbagai masyarakat lainnya, tentunya masih berhubungan dengan pola budaya umumnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close