Trias Politika : Pengertian Eksekutif Berdasarkan Fungsi Negara

7/09/2018

Pengertian eksekutif menurut Austin Ranney adalah elit politik yang tentunya memegang peranan pelaksana kebijakan dimana mereka terpilih atau diangkat untuk waktu terbatas dengan tugas memprakarsai kebijakan serta mengerakkan kerja birokrasi.

Negara-negara modern pada umumnya memiliki posisi yang begitu bervariasi, diantaranya presiden, perdana menteri atau kanselor. Bentuk dari lembaga eksekutif bisa secara individual atau kolektif, seperti cabinet yang memiliki peranan terhadap fungsi kerjanya.

Dalam hal ini, lembaga eksekutif melaksanakan fungsinya berdasarkan keputusan dan kebijakan yang sudah ditetapkan sesuai dengan fungsi. Jika pandangan Trias Politika, lembaga eksekutif merupakan lembaga yang melaksanakan Undang-Undang yang telah dibuat oleh Negara modern saat ini, yang terdapat praktik berdasarkan lembaga eksekutif.

Sedangkan Negara-Negara yang menganut system politik demokrasi, lembaga eksekutif biasanya menyelenggarakan dan melaksanakan Undang-Undang yang telah ditetapkan oleh lembaga legislative. Hal ini, sesuai dengan asas Trias Politika. Proses tersebut berlangsung sesuai dengan apa yang ditetapkan sesuai dengan ketetapan. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close