Kebudayaan Massa : Dinamika Budaya Perkotaan

8/09/2018

Bagaimana memahami kebudayaan kota ? tentunya sederhana sekali, dimana kebudayaan massa lebih diartikan sebagai hasil lingkungan masyarakat industri yang telah dan akan terus berkembang. Budaya popular misalnya akan berkembang dengan pesat di kota-kota dengan hampir seluruh pelosok.

Sementara, kebudayaan kota merupakan hasil sentuhan perusahaan barang jasa komersial, meida massa dan agen kesenian yang berkembang seiring dengan industrialisasi. Budaya massa telah mengubah budaya tradisional menjadi budaya modern. 


Dimana, budaya tradisional yang bersifat local dan beraneka ragam dan berubah menjadi budaya modern yang bersifat universal dan pragmatis. Pemahaman pragmatis dengan budaya modern memudahkan manusia dengan cepat menyesuaikan dri atau dengan adaptasi dari kota ke kota, serta ke Negara lain.


Inudstrialisasi menjadikan kebudayaan materi berkembang pesat dengan melebihi dari perkembangan kebudayaan immateri. Maka, budaya popular merupakan budaya materi yang berkembang melalui komersialisasi. Jika dipahami, bahwa budaya popular merupakan suatu budaya yang diproduksi secara komersial maka tidak akan berubah di masa yang akan datang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close