Istilah Tahap Keswadayaan Sebuah Komunitas Otonom

8/27/2018

Tahap kesawadayaan otonom (self help) yang akan menjadi jaring pengaman social bagi keutuhan komunitas tersebut tentunya diakibatkan adanya pola perubahan yang mendorong berlangsungnya pergeseran populasi, hal ini dikarenakan adanya proses invasi, ke dalam dan proses pergeseran ke luar.

Sementara, pemusatan aktivitas masyarakat industri perkotaan merubah dengan pengembangan property. Sedangkan di kampong-kampung beserta pemiliknya yang masih hidup pada sector ekonomi tradisional secara bertahap bergeser ke pinggiran.
Migrasi pedesaan merupakan upaya untuk melakukan invasi ke dalam, dengan bertahan dan pemukiman di kampong-kampung serta lorong-lorong public. Upaya ini, dilakukan karena perkembangan kota belum mampu memindahkan pekerjaan dari pusat ke pinggiran.


Akibat dari itu, perkotaan dipaksa untuk bertransformasikan menjadi sebuah urban containment raksasa dengan kepadatan manusia yang makin melampaui ambang batas. Jika demikian, maka ada perbedaan terhadap komunitas yang berbeda di suatu pedesaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close