Ketahanan Sosial Budaya Suatu Masyarakat

8/24/2018

Memahami suatu budaya merupakan bagian dari kondisi suatu ketahanan budaya, yang mencakup perubahan social yang terjadi. Dukungan budaya atas penerimaan sesuatu yang baru akan mempermudah terjadinya proses perubahan.

Sebaliknya, dalam hal ini budaya juga dapat terjadi penghalang bagi kelancaran proses perubahan, baik atas perubahan yang direncanakan sebelumnya. Kemudian kelenturan budaya dalam mempengaruhi proses perubahan dapat dilihat dari berbagai unsur. Ada unsut budaya dalam mempengaruhi proses perubahan dan hal tersebut, merupakan bagian dari proses budaya.
Kemudian, ada unsur budaya yang mudah berubah, yaitu yang tergolong ke dalam over culture, sebaliknya ada unsur yang sulit untuk berubah disebut dengan cover culture, seperti kepercayaan, nilai-nilai, norma dan adat istiadat.


Jika padangan oleh Robert N. Bellah mengemukakan bahwa suatu kepercayaan dan nilai-nilai budaya dapat berperan dalam pembangunan ekonomi di Jepang. Karena dalam hal ini, akan berkaitan dengan proses budaya di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close